Rabu, 03 Mei 2017

JURNAL KHUSUS



Jurnal khusus adalah jurnal yang secara khusus digunakan untuk mencatat transaksi sejenis yang terjadi berulang-ulang khususnya diperusahaan dagang. Prinsip pendebetan dan perkreditan jurnal khusus pada dasarnya sama dengan yang dilakukan pada jurnal umum. Perbedaannya, akun-akun pada jurnal khusus dibuat berkelompok. 
Macam dan Bentuk Jurnal Khusus
Ada beberapa macam jurnal khusus yang senantiasa dipergunakan dalam perusahaan yang merupakan kelompok dari transaksi-transaksi sejenis dan sering terjadi. Jurnal khusus tersebut adalah:
a. Jurnal Khusus Penerimaan Kas.
Seluruh transaksi yang menyebabkan bertambahnya junlah uang kas dicatat dalam jurnal penerimaan kas. Transaksi yang menambah jumlah uang kas, antara lain: transaksi penjualan tunai, potongan penjualan, penerimaan piutang dagang, dan pemerimaan uang kas dari para pemilik sebagai setoran modal. 
b. Jurnal Khusus Pengeluaran Kas.
            Seluruh transaksi yang menyebabkan berkurangnya kas perusahaan dicatat dalam jurnal pengeluaran kas antara lain: pembelian secara tunai, pembayaran beban, pembayaran utang, pengambilan prive. 
c. Jurnal Khusus Penjualan.
      Jurnal penjualan digunakan khusus untuk mencatat penjualan–penjualan barang dagangan secara kredit. Transaksi yang dicatat hanya ada dua, yaitu penjualan dan piutang dagang.
d. Jurnal Khusus Pembelian.
            Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat seluruh transaksi pembelian, baik pembelian barang dagangan, maupun pembelian aktiva lain yang dilakukan secara kredit. 
e. Jurnal Khusus/Memorial.
f. Jurnal Umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar